Sayur Bayam Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

Sayur Bayam Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

Bicara mengenai sayur bayam pasti sudah familiar di telinga kita, sayuran yang sangat mudah ditemukan di daerah pedesaan, di belakang rumah saya pun ada tanaman bayam, hehehe. Sayur bayam ini selain mempunyai kandungan yang sangat baik bagi tubuh kita, juga dapat menyebabkan dampak buruk bagi tubuh kita apabila kita salah dalam pengolahan.

Kandungan dari bayam

Zat gizi yang terdapat pada bayam per 100 gr  :
  • Energi ( kalori ) 36. 0
  • Protein ( gr ) 3. 5
  • Lemak ( gr ) 8. 5
  • Karbohidrat ( mg ) 6. 5
  • Kalsium ( mg ) fosfor ( mg )
  • besi ( mg ) 3. 9
  • Vit A ( mg ) 6. 1
  • Vit B1 ( mg ) 0. 1
  • Vit c ( mg ) 10. 0.

Disamping itu kandungan gizi pada bayam yakni serat yang amat diperlukan saat memperlancar sistem pencernaan didalam tubuh. Mengkonsumsi bayam dengan teratur memungkinkan bisa menjauhi dari kegemukan. Nah untuk yang lagi tengah melakukan program diet, mengkonsumsi bayam ternyata amat baik untuk menunjang menjadi lancar diet Anda. Sebab didalam satu porsinya, ada 6 gram serat, dengan demikian telah mencukupi 25 % dari keperluan serat untuk tubuh dalam per-harinya.

Bayam Mampu menurunkan Kolestrol

Kandungan gizi bayam yang kaya nutrisi juga mampu turunkan kolesterol, gula darah, turunkan tekanan darah, serta melancarkan peredaran darah dan bisa menghindar kanker usus, diabetes, juga gagal ginjal.

Dampak Buruk Sayur Bayam Bagi Kesehatan

Namun dibalik kehebatan sayur ini, tersimpan akan bahaya yang sangat besar jika kita salah saat mengolahnya atau dalam proses memasaknya.

Mengapa demikian ? Berikut alasannya :

Dalam mengolah sayur ini, seharusnya bayam tidak perlu dipanaskan lagi, mengapa demikian ? sebab diantara kandungan gizi bayam yakni fe2+ bisa beralih jadi racun apabila teroksidasi dengan fe3+.
Keberadaan bayam tidak bisa dimasak sekitar lebih dari 5 jam dikarenakan senyawa nitrat didalam bayam dapat jadi racun bagi tubuh yang dapat mengakibatkan sel darah didalam tubuh tidak mampu mengikat oksigen yang menyebabkan sel tubuh kekurangan oksigen.
Perlu anda perhatikan juga, jauhi memasak bayam dengan menggunakan panci aluminium sebab zat besi yang ada didalam kandungan bayam bakal bereaksi dengan bahan aluminium tersebut serta akan menghasilkan racun berbahaya. Sehingga kandungan gizi bayam tersebut tidak akan termanfaatkan dengan sempurna.
Nah ternyata dibalik kenikmatan dan kehebatannya sayur bayam menyimpan bahaya yang luar biasa bagi kesehatan kita, apabila didalam memasaknya tidak sesuai aturan yang benar, sekali lagi kami tekankan jangan sekali-kali memanaskan ulang sayur bayam yang telah anda masak sebelumnya, cukup habiskan dalam sekali masak, jika tidak ingin terkena resiko dalam kesehatan Anda.

Terima kasih telah membaca artikel Sayur Bayam Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

Baca juga :




Tag : Sayuran
4 Komentar untuk "Sayur Bayam Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan"

Nice info gan.. besok ane masak sayur bayam pake kuali.. wkwkw

Nice info gan.. besok ane masak sayur bayam pake kuali.. wkwkw

Untuk saya tidak terlalu sering mengkonsumsi bayam karena saya tidak terlalu suka kalau bayamnya tidak di goreng, dan saya lebih suka kangkung rasanya tuh lebih muantappp.

Back To Top