5 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Pisang merupakan buah-buahan yang sering ditemukan di indonesia,pohon pisang sangat mudah tumbuh di Iklim tropis basah, lembab & panas mendukung pertumbuhan pisang. Namun demikian pisang masih dapat tumbuh di daerah subtropis. Pada kondisi tanpa air, pisang masih tetap tumbuh karena air disuplai dari batangnya yg berair tetapi produksinya tidak dapat diharapkan. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium. Berikut ini adalah 5 manfaat buah pisang.

5 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan



1. Sumber energi

Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam pisang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Mengkonsumsi minimal 2 buah pisang sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivtas sehari-hari.

2. Kaya akan vitamin

Buah pisang memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan vitamin A dibandingkan dengan buah apel. Pisang kaya akan kandungan potasium dengan kadar potasium mencapai 400mg di dalam pisang yang berukuran sedang. Oleh karena itu buah ini wajib dikonsumsi untuk tetap dapat menjaga kesehatan jantung.

3. Mengobati diabetes

Pisang juga dapat membantu mengobati penyakit diabetes, untuk penderita diabetes, dengan mengkonsumsi pisang khas daerah Gorontalo yaitu goroho yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda yang dapat digunakan sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes.

4. Mengobati anemia

Bagi anda yang sulit tidur(anemia) bisa mencoba mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin. Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. 

5. Mengobati jerawat

Pisang juga dapat membantu menyembuhkan jerawat di kulit wajah anda  dengan cara, pertama hancurkan daging buah pisang yang sudah matang. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.


Itulah 5 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan, sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam buah pisang,jangan lupa untuk mengkonsumsi buah pisang untuk menjaga kesehatan tubuh kita.Terima kasih telah membaca artikel sederhana ini.
Tag : Buah-buahan
14 Komentar untuk "5 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan"

bah , makanan kesukaan gua ini . ^^
ternyata manfaat nya keren . ^^

harus dicoba nih buah pisang 2 buah sehari biar gak anemia, itu juga kalau ada pisangnya hehehe

ternyata pisang banyak juga manfaat nya untuk kesehatan

mengobati jerawat? bener kh gan..hm wajib di coba kalau benar

wah buah kesukaan ane tuh he.. nice info gan :)

kan jenis buah pisang ada banyak, apa semuanya bermanfaat?

wah harus banyak-banyak makan pisang nih

kalau ane olah pisang jadi jus kira - kira ngaruh gak sama khasiatnya gan ?

Baru tau pisang bisa ngobatin jerawat, nice inpoh mas..

Beli dipasar banyak mbak :D atau gak ambil pisang orang. wkkk... tapi izin sama yang punya dulu

Banyak yang mengatakan begitu gan, tapi saya sendiri belum pernah nyobain. hehe

Semuanya bermanfaat gan, kecuali kalau anda makan pohon pisangnya gan, itu gak ada manfaatnya :v

Khasiat tetap sama gan, gak usah ditambahi gula ya gan, biar alami saja :D

Back To Top