Cara Menanam dan Budidaya Buah Baga


Buah naga merupakan tanaman yang tergolong mudah dalam penanamannya. Tidak membutuhkan teknik khusus agar bisa menanam buah naga ini. Pada umumya, tanaman buah naga yang sering ditanam adalah buah naga yang memiliki warna kulit merah dan pada bagian dagingnya berwarna putih dengan biji-biji halus berwarna hitam. Buah naga juga mempunyai manfaat bagi kesehatan dan ibu hamil.

Apabila anda tidak mempunyai lahan yang luas untuk menanam buah naga, anda bisa menanam buah ini di dalam pot. Dengan menanam buah naga dalam pot, anda dapat leluasa memindahkannya ke mana saja, dan bisa sebagai hiasan, misal anda taruh di depan rumah.

Cara menanam buah naga dalam pot

Siapkan pot

Siapkan pot terlebih dahulu, Ada beberapa macam jenis pot yang tersedia di pasaran mulai dari pot bahan semen, plastic, tanah liat atau drum bekas yang dipotong. Namun untuk menanam buah naga, Anda dapat memakai pot yang terbuat dari bahan tanah liat, karena buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastis dari siang ke malam dalam proses pembungaan. Semakin besar ukuran pot maka akan semakin baik, Anda dapat menggunakan pot dengan minimal diameter 40cm.

Menyiapkan tiang panjatan

Siapkan tiang panjatan, karena buah naga membutuhkan tiang penopang untuk menahan beberapa cabang produksi agar tidak roboh. Tiang ini nantinya akan dililit oleh beberapa pohon buah naga pada saat penanaman pertama. Cari tiang panjatan yang kuat, bisa terbuat dari besi atau kayu yang kokoh.

Menyiapkan media tanam

Menyiapkan media tanam, Anda dapat menyiapkan media untuk menanam buah naga yaitu pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Setelah semuanya siap, Anda dapat menyiramnya dengan air sampai kondisi jenuh. Biarkan kurang lebih sehari semalaman sebelum Anda mulai menanam buah naga.

Pemilihan dan penanaman bibit

Anda dapat memilih bibit dari batang yang besar dan sudah tua dan pastikan bibit tersebut bebas dari penyakit. Bibit buah naga biasanya memiliki panjang ideal 30 cm dan kemudian ditanam pada pot dengan kedalaman 10 cm. Setelah Anda menanam buah naga tekan-tekan sedikit tanah sekitar bibit agar tidak mudah roboh. Selanjutnya siram dengan air dan letakkan pot ditempat terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung.

Dalam penanaman buah naga, tentunya banyak masalah yang sering terjadi dalam penanaman buah naga, berikut ini adalah artikel mengenai Masalah Yang Sering Terjadi Saat Penanaman Buah Naga.

Tag : Budidaya
0 Komentar untuk "Cara Menanam dan Budidaya Buah Baga "

Back To Top